5 Persiapan yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Menulis Artikel

5 Persiapan yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Menulis Artikel

Menulis artikel pada dasarnya tidaklah sulit, terlebih jika kamu memiliki hobi menulis. Namun, diperlukan persiapan khusus agar membuat tulisanmu lebih berkualitas. Kondisi dan persiapan yang kurang bisa memengaruhi kualitas artikelmu. 


1. Cari referensi yang terpercaya
Sekarang ini, sangat mudah bagi kita untuk menemukan berbagai informasi di internet, mulai dari resep makanan, berita, lowongan pekerjaan hingga review barang. Namun, kita tidak boleh percaya begitu saja. 5 hal yang perlu diperhatikan agar tulisanmu dilirik google maupun pengunjung banyak artikel yang dibuat tanpa sumber atau bahkan berasal dari sumber yang salah. Apabila kita membutuhkan referensi dalam menulis. Pastikan jika informasi tersebut berasal dari sumber yang terpercaya. Salah satu ciri sumber terpercaya adalah ada nama penulis, tahun penulisan, judul artikel, media cetak, kota dan lain sebagainya. Jangan biarkan informasi palsu atau hoax menyebar dengan mudahnya karena informasi salah sangatlah berbahaya jika diteruskan.

2. Siapkan peralatan yang dibutuhkan
Banyak media yang bisa kamu gunakan untuk menulis, mulai dari buku tulis, papan tulis, komputer, laptop, tablet hingga smartphone. Anda harus memastikan bahwa peralatan tersebut sudah siap untuk digunakan. Sekarang ini, banyak penulis yang lebih memilih menggunakan laptop sebagai media menulis artikel karena laptop dapat dibawa kemana-mana dan lebih praktis. Oleh karena itu, pastikan jika baterai laptop sudah terisi dengan penuh dan cukup untuk menyelesaikan tulisan artikel. Jika dirasa membutuhkan waktu yang lama, siapkan pula charger di dekat laptop agar nantinya mudah ketika laptop lowbatt. Selain itu, ada peralatan lain yang biasa digunakan dalam menulis artikel, seperti keyboard, mouse, flashdisk dan lain sebagainya. Kamu harus menyiapkan semua peralatan untuk memudahkan pekerjaan.

3. Pastikan suasana sudah mendukung
Beberapa orang membutuhkan suasana yang mendukung untuk melancarkan kinerja pikiran. Kamu harus tahu, suasana seperti apa yang bisa membuat kamu lancar dalam menulis. Jika kamu bisa berpikir secara tenang di suasana sepi dan hening, maka pastikan jika suasana sekitar tidak sedang riuh. Kamu bisa mencari suasana yang mendukung, seperti di kamar, di halaman rumah, taman, rumah makan atau tempat lainnya sesuai dengan kebiasaan kamu dalam membuat mood baik. Dengan begini, kamu akan bisa berpikir secara jernih dan mendapatkan berbagai insight mendukung.

4. Pastikan kondisi tubuh sudah siap
Rasa lapar dan mengantuk pasti sangat mengganggu kita dalam menulis. Kondisi tersebut dapat mengganggu konsentrasi kita sehingga bisa membuat tata tulis atau pemilihan kata tidak maksimal. Kualitas artikel pun bisa menurun jika kita menulis dalam kondisi tubuh belum siap. Jika kamu lapar, makanlah terlebih dahulu dan jika kamu merasa mengantuk, lebih baik tidur terlebih dahulu. Daripada dipaksakan, lebih baik jika kamu mengikuti keinginan sesuai kondisi tubuh agar nantinya kamu bisa menulis dengan lebih siap.

5. Pahami ketentuan artikel yang hendak ditulis
Terdapat banyak jenis artikel yang harus kamu ketahui sebelum menulis. Setiap jenis artikel memiliki karakteristik yang berbeda dan menjadi ciri khas suatu tulisan. Kamu harus tahu setiap karakteristik dan ketentuan artikel yang hendak kamu tulis. Cara penulisan cerpen pasti berbeda dengan penulisan artikel berita. Oleh karena itu, pahamilah dengan baik setiap ketentuan ini agar nantinya kamu lebih lancar dalam menulis. 

Persiapkanlah diri dan materi tulisan dengan baik agar artikelmu memiliki tulisan yang berkualitas karena tulisan berkualitas menjadi senjata bagi kamu sebagai penulis handal. 

Komentar

Postingan Populer